EVENT

Seminar & Workshop Agromedicine Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Tanggal Kegiatan

Tanggal Acara 1 sampai 2 November 2019 Pukul 08.00 - 17.00 WIB

Lokasi A

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung : Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145

Lokasi B

Hotel Bukit Randu : Jl. Kamboja No. 1 - 2 A, Kebon Jeruk, Tanjung Karang, Bandar Lampung,

Deskripsi

Latar Belakang

Berdasarkan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 2, dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan kepada masyarakat. Seorang dosen dituntut untuk selalu mengembangkan intelektualitasnya melalui penelitian yang bermutu yang selanjutnya akan memberikan dampak positif pada masyarakat.

Sesuai dengan kekhususan FK Unila, maka agromedicine merupakan ciri khas dalam kurikulum FK Unila. Untuk itu diperlukan peran semua bidang dalam pendidikan kedokteran dalam mewujudkan agromedicine sebagai capaian keluaran FK Unila. Pemahaman peran berbagai bidang ilmu dalam agromedicine dapat dicapai salah satunya dengan seminar dan sosialisasi hasil penelitian terkait agromedicine. Berdasarkan hal tersebut, maka diusulkan seminar mengenai peranan biomedik dalam agromedicine yang diselenggarakan pada Tahun 2019.

Tema

Tema Seminar adalah “Peran Biomedik dalam Agromedicine”

Penerima Manfaat

Penerima manfaat pelaksanaan kegiatan ini adalah dosen, mahasiswa, dan civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas di luar Unila.

Peserta

Peserta yang diharapkan hadir dalam seminar ini adalah Mahasiswa baik Program Sarjana S1, Profesi Dokter, Pasca Sarjana S2 dan Umum

Topik Bahasan

  1. Peran Biomedik dalam Agromedicine
  2. Peran Agromedicine dalam Fitofarmaka
  3. Peran Teknologi Pertanian dalam Agromedicine
  4. Peran Biomedik dalam Diagnostik Laboratorium pada Penyakit Terkait Agromedicine

Pembicara                                                                       

  1. Dr. dr. Ina S. Tirman, Sp.PK (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  2. Prof. Dr. dr. Muhartono, M.Kes.,Sp.PA dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  3. Dr. Ir. Samsu Udayana Nurdin, M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  4. Dr. Dra. Ari Estuningtyas, Apt., M.Biomed dari Kedokteran Universitas Indonesia

Panggilan Untuk Abstrak

Kami dengan hormat mengundang Anda untuk mengirimkan abstrak penelitian asli, laporan kasus, dan proposal penelitian di bidang Agromedicine. Hanya materi ilmiah asli yang belum pernah dikirimkan, diterbitkan atau disajikan pada jurnal atau pertemuan ilmiah lainnya. 

Instruksi untuk Pengajuan Abstrak
  1. Pendaftaran seminar wajib untuk dapat menyajikan abstrak dan mempublikasikannya dalam jurnal JK Unila.     
  2. Semua pengajuan harus mengikuti instruksi dan saran tentang cara menyerahkan naskah (klik disini).
  3. Abstrak harus ditulis dalam Bahasa dan Bahasa Inggris.
  4. Artikel diketik 1 spasi pada kertas A4, dengan jarak dari tepi kiri 3 cm serta atas, kanan, dan bawah 2 cm. Jumlah halaman maksimal 10 lembar, jenis huruf Calibri ukuran 11. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.
  5. Tuliskan abstrak Anda sesuai dengan Templete Abstrak (klik disini).
  6. Penulis harus mengirimkan abstraknya melalui link di akhir intruksi ini
  7. Silahkan mengisi form yang disediakan dan unggah abstrak anda.
  8. Harap tunggu, tim kami akan mengirimkan balasan melalui e mail anda.
  9. Harap perhatikan dan ikuti tenggat waktu: Batas Waktu Pengiriman Abstrak Diperpanjang hingga 27 Oktober 2019  23.59 WIB

Pedoman Abstrak

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak untuk setiap artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan jenis huruf Calibri ukuran 9. Bentuk abstrak tidak terstruktur dengan jumlah minimal 175 dan maksimal 250 kata, ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, methods, results and discussion (IMRAD) dalam bentuk narasi dalam satu paragraf. Pilih 3-5 buah kata kunci yang dapat membantu penyusunan indeks dan urutannya berdasarkan abjad.

Tabel

Tabel disusun sistematis pada naskah. Setiap tabel harus diberi judul singkat dibagian atas, rata tengah cetak tebal,jenis huruf Calibri ukuran 10. Isi tabel ditulis dengan jenis huruf Calibri ukuran 10 spasi 1. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan di bawah tabel dengan jenis huruf Calibri ukuran 8.

Foto/Gambar

Foto dan gambar disusun pada naskah. Foto orang disajikan sedemikian rupa sehingga tidak dapat dikenali. Gambar yang pernah dipublikasikan harus diberi acuan menurut Vancouver. Foto/gambar harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, judul ditulis singkat dibagian bawah, rata tengah cetak tebal, jenis huruf Calibri ukuran 10.

Metode Statistik

Jelaskan metode statistik yang digunakan secara rinci pada bagian metode.

Ucapan Terima Kasih

Bila diperlukan ucapan terima kasih dapat diberikan kepada kontributor penelitian tanpa menuliskan gelar.

Daftar Pustaka

Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan yang dikeluarkan oleh Tim Jurnal Kedokteran Universitas Lampung (JK Unila). Jumlah rujukan minimal 7. Rujukan dari jurnal dianjurkan dari terbitan 15 tahun terakhir. Rujukan dari jurnal dianjurkan sebanyak 80%, sisanya berasal dari buku ajar, monograf, prosiding, skripsi, tesis, dan disertasi.

Penyusunan Daftar Pustaka menggunakan aplikasi Mandeley untuk memudahkan dalam penulisannya.

Jika Anda memiliki lebih banyak pertanyaan, silakan hubungi Ketua Panitia dr. Agustyas Tjiptaningrum, Sp. PK (0812 9022 0659)
Show Buttons
Hide Buttons